PENAMPAKAN YESUS Yohanes 20:19-23

Posted: 20 Oktober 2011 in Agama

PEMBUKAAN:

Kita akan mempelajari penampakan Tuhan Yesus yang kita ambil dari Yohanes 20:19-23 sehingga kita mengerti mengapa Tuhan Yesus menampakkan diri setelah kebangkitan-Nya

1. Yesus menampakkan diri setelah bangkit dari kematian

a. Ayat 19-20; Ketika haris udah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: “Damai sejahtera bagi kamu!”

b. Selama 40 hari Tuhan Yesus menampakkan diri kepada murid-murid-Nya dan orang-orang yang dikasihi/mengasihi-Nya.

c. Setelah naik ke sorga Tuhan Yesus masih menampakakn diri-Nya pada Saulus yang sedang dalam perjalanan menuju ke Damsyik (Kisah 9:1-6; 1 Kor 15:7-9)

d. Sampai saat inipun Tuhan Yesus masih berulang-ulang menampakan dir-Nya kepada orang-orang tertentu!!!

e. Mungkin diantara saudara ada yang pernah melihat Tuhan Yesus menampakkan diri-Nya kepada saudara!!!

2. Untuk memulihkan keadaan murid yang sedang lemah

a. Ayat 19-20; Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullan murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: “Damai sejahtera bagi kamu!” Dan sesudah berkata demikian, Ia menunjukkan tangan-Nya dan lambung-Nya keprada mereka. Murid-murid itu bersukacita ketika mereka melihat Tuhan.

b. Lukas 24:13-15 dan 32-33 dua orang yang sedang undur setelah melihat penampakan Tuhan Yesus, iman mereka, semangat mereka dipulihkan kembali.

c. Saat itu semua murid-murid-Nya sedang dalam keadaan yang sangat lemah imannya. Dan penampakan Tuhan Yesus membawa pemulihan iman dan mereka bersukacita kembali.

e. Amsal 24:10 Jika engkau tawar hati pada masa kesesakan, kecillah kekuatanmu.

f. Matius 5:13 “Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang.

g. Biarlah dalam memperingati penampakan Tuhan Yesus ini iman kita, pengharapan kita, semangat kita, sukacita kita dipulihkan lagi, sehingga kita mempunyai kehidupan yang berarti dalam Tuhan.

3. Untuk mengutus mereka melayani Tuhan

a. Ayat 21; Maka kata Yesus sekali lagi: “Damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku demikian juga sekarang Akumengutus kamu.”

b. Petrus yang sudah pernah menyangkal dan meninggalkan Yesus, setelah dipulihkan oleh Tuhan maka ia diutus (Yohanes 21:15-17)

c.Paulus yang sudah menganiaya umat Tuhan setelah dipulihkan oleh Tuhan Yesus ia diutus.

d. Kepada setiap orang yang sudah diselamatkan Tuhan Yesus memberi Amanat Agung supaya kita selamatkan jiwa dan memuridkan mereka juga bisa selamatkan jiwa dan memuridkan ornag lain (Matius 28:19-20)

e. Saat ini adalah saatnya banyak orang diselamtakan oleh Tuhan, marilah kita semua sungguh-sungguh berjuang untuk selamatkan jiwa.

f. Berbahagialah orang yang mengikut dan melayani Tuhan!!! (Markus 10:28-30)

PENUTUP:

Roma 12:11 Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s