Terminology of IT (Istilah yang ada di IT)

Posted: 22 Oktober 2011 in Aplikasi Komputer

1. RAM DDR3

  • Access Time, Timing  merupakan pengukuran waktu dalam satuan ‘ns’ (nano seconds) yang digunakan untuk menunjukkan kecepatan memori mengakses data. Access Time ditentukan saat pertama kali CPU mengirimkan permintaan data ke memory hingga CPU menerima data tersebut.
  • Bandwith adalah kapasitas maksimal dalam proses memindahkan data dalam jaringan elektronik seperti bus atau channel. Lebih singkatnya, ia adalah jumlah data maksimal yang dapat dipindahkan dalam satuan waktu tertentu dan biasanya dinyatakan dalam satuan bit atau byte.
  • Buffered adalah menambahkan komponen logika tambahan ke dalam SIMM atau DIMM untuk meningkatkan arus keluaran. Ini dilakukan untuk menghindari pengurangan kualitas sinyal data akibat proses kapasitansi. Module memori yang termasuk jenis buffered biasanya memiliki chip-chip buffer kecil.
  • CAS (Column Address Select/Strobe) adalah ‘pin’ pengontrol yang ada pada chip DRAM yang digunakan untuk memilih dan mengaktifkan alamat-alamat kolom pada memori. Kolom yang dipilih pada DRAM ditentukan oleh data yang ada pada pin-pin alamat ketika CAS menjadi aktif

2. TABLET

  • Android adalah system operasi yang dikhususkan untuk mobile communication (smartphone), yang didesain oleh Google. System operasi ini berbasiskan kernel Linux dan hadir dalam bentuk software open source.
  • Multi-touch adalah salah satu fitur dari teknologi layar sentuh yang makin marak digunakan oleh smartphone maupun tablet. Fitur ini memungkinkan input sentuhan jari bias lebih dari satu atau dua, bahkan hingga sepuluh  jari sentuhan yang dapat dideteksi. Fitur ini berguna sebagai interaksi user dengan handheld-nya, misalnya zoom tampilan hanya dengan mencubit layar.
  • SIM (Subscriber Identity Module) merupakan salah satu bentuk IC yang difungsikan untuk menyimpan service subscriber key yang biasa digunakan untuk mengidentifikasi para subscriber dalam hardware telepon mobile (seperti handphone maupun computer modem).

3. MOUSE

  • Bluetooth adalah spesifikasi industry untuk jaringan kawasan pribadi (personal area networks atau PAN) tanpa kabel. Bluetooth menghubungkan dan dapat dipakai untuk melakukan tukar-menukar informasi di antara peralatan-peralatan seperti mouse dengan PC.
  • Scrool Wheel merupakan roda yang terbuat dari karet. Digunakan untuk menggerakkan posisi windows naik-turun. Biasanya letaknya diantara tombol kiri dan kanan mouse.
  • DPI (Dot Per Inch) merupakan ukuran terbacanya titik pada layar monitor. Jika anda memiliki monitor dengan resolusi 1024 x 768 dan mouse dengan 1000 dpi, artinya pergeseran dari satu posisi ke posisi lainnya adalah sejauh satu inci.

4. KEYBOARD

  • Button Mechanism merupakan suatu struktur mekanisme yang dipakai dalam tombol-tombol keyboard. Bisa berjenis spring standar, scissor dengan dua lengan penahan dalam posisi menyilang, atau Chiclet yang merupakan tombol berbasiskan bahan karet.
  • Keystroke adalah proses penekanan tiap tombol dari keyboard. Bias juga menjadi parameter daya tahan berapa kali tombol dapat ditekan sebelum akhirnya menunjukkan gejala kerusakan.
  • Peak Load adalah batasan maksimal beban yang dibutuhkan untuk menekan tombol di keyboard.

5. HDD

  • EIDE (Enhanced Integrated Drive Electronics) juga dikenal sebagai ATA (Advanced Technology Attachment) atau ATAPI (Advanced Technology Attachment Packet Interface), istilah pada zaman PC IBM AT. Memiliki kecepatan data transfer rates hingga 133 MB/s untuk standar ATA-133. Keterbatasan EIDE adalah panjang kabel maksimal 18 inci (450 mm).
  • NCQ (Native Command Queuing) merupakan command protocol pada SATA yang memungkinkan  harddisk menentukan sendiri urutan perintah saat harddisk beroperasi. Protocol ini memiliki banyak kesamaan dengan protocol TCQ (Tagged Command Queuing) yang biasanya ditentukan pada harddisk SCSI. Selain mempercepat kinerjanya, NCQ juga akan mengoptimalkan umur mekanisme harddisk itu sendiri.
  • Perpendicular Recording ialah proses perekaman data dalam harddisk dengan memosisikan arah magnetism di permukaan platter secara vertical, dibandingkan dengan cara konvensional, yakni secara horizontal. Dengan ini, ruang platter untuk menyimpan data makin kecil dan menyebabkan peningkatan densitas data yang dapat ditampung, bahkan hingga sepuluh kali lipatnya.
  • RoHS (Restriction of Hazardous Substances) adalah standar yang lebih dikenal di daratan Eropa, standar ini yang menentukan batasan jumlah maksimal dalam satuan ppm untuk enam materi yang dianggap berbahaya bagi lingkungan, yaitu lead, mercury, cadmium, chromium VI, PBB dan PDBE.

6. MOTHERBOARD

  • FSB (Front Side Bus) berfungsi menghubungkan processor dengan memory utama. FSB juga digunakan untuk mengomunikasikan processor dengan komponen lain yang ada di motherboard.
  • IDE Controller. Salah satu fungsi yang dimiliki oleh chipset pada motherboard untuk mengatur komunikasi data pada harddisk, CD-ROM, dan sebagainya, serta mengaturnya.
  • LGA1156 (Land Grid Array) adalah jenis socket yang digunakan CPU, khususnya Intel, dimana kini pin berada di socket, bukan diprocessor lagi. Sementara angka 1156 menunjukkan kaki pin processor.
  • MicroATX ialah salah satu istilah yang digunakan untuk jenis dimensi yang diakomodasi oleh motherboard atau casing untuk menempatkan motherboard tersebut.
  • Northbridge ialah salah satu dari dua chip pada chipset yang menghubungkan processor ke memory system dan bus AGP dan PCI. Chip lainnya adalah Southbridge.
  • SATA (Serial ATA). Pengembangan dari Paralel ATA pada interface penyimpanan data yang menggunakan komunikasi serial melalui single kabel dengan minimum empat kawat dan terhubung secara point-to-point.

7.  NETWORKING

  • Connection-Less Protocol. Transmisi data yang terjadi antara dua host yang sebelumnya tidak terjadi setup connection sama sekali. Metode ini dapat menghemat bandwith, hanya saja cenderung terjadi error dibandingkan yang menggunakan protocol connection.
  • Direct-Attached Storage. Sebuah storage device, bisa dalam bentuk RAID, disk, atau tape, yang terhubung secara langsung dengan server aplikasi yang mengakses data ke dalam storage device tersebut.
  • Host merupakan suatu kata yang biasanya digunakan untuk mewakili sebuah computer dalam jaringan. Ini termasuk computer user atau computer server yang terhubung internet atau dalam jaringan internal.
  • NAS (Network Attached Storage), secara umum ialah storage yang dikondisikan sedemikian rupa sehingga siap diakses dalam jaringan, berlawanan dengan direct-attached storage.
  • SAN (Storage Area Network) adalah jaringan dari unit-unit storage. Biasanya jaringan dalam bentuk Fibre Channel dengan menggunakan Fibre Channel Switch antara host dan storage.
  • Wireless Adapter adalah alat penangkap sinyal WiFi agar computer host di mana ia terpasang dapat terhubung dengan penyedia WiFi. Koneksi bisa dalam bentuk jaringan standar atau penyediaan koneksi internet.
  • LAN (Local Area Network), terdiri atas sekumpulan PC yang terkoneksi dalam area yang relative kecil, seperti pada home network.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s